Malam Pengantar Tugas, Kapolresta Peluk Haru Wakapolresta

IMG-20170214-WA0030.jpg

Tribratanewsbandaaceh—Wakapolresta Banda Aceh AKBP Drs Sugeng Hadi Sutrisno mendapat promosi jabatan sebagai Kabid Humas Polda Kalimantan Barat. Pelepasan yang dikemas dalam Malam Pengantar Tugas di gedung indoor Mapolresta, Sabtu (12/2) malam, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin SH memeluk haru perwira yang sudah menjabat Wakapolresta selama lima tahun lebih itu.

Acara itu diawali dengan pembacaan doa, dilanjutkan sambutan pelepasan oleh Kapolresta dan sambutan Wakapolresta yang akan meninggalkan Banda Aceh menuju Pontianak. Kegiatan itu dirangkai dengan pemberian cendera mata dari Kapolresta, dikuti para Kabag, Kasat, Kapolsek, pengurus Bhayangkari, serta dari Yayasan Kemala Bhayangkari. Acara diakhiri dengan bernyanyi bersama dan saling peluk dengan penuh haru.

Terlebih, saat Ketua Bhayangkari Cabang Banda Aceh Ny Linda Saladin memeluk Ny Dewi Sugeng yang berlinangan air mata haru. Pelukan serupa diikuti para pengurus Bhayangkari lainnya yang membuat suasana semakin haru melepas kepergian Wakapolres dan istri.

Dalam sambutannya, Kapolresta Kombes Pol T Saladin SH mengaku merasa kehilangan dengan kepergian mitra kerjanya selama ini. “Namun, kepergian Wakapolres ini untuk melaksanakan tugas baru sebagai Kabid Humas Polda Kalbar yang tidak kalah beratnya,” katanya.

Kapolresta berharap, suatu saat  Sugeng Hadi Sutrisno bisa ditugaskan kembali ke Aceh karena beliau sebagai perwira menengah yang sudah berdinas selama delapan tahun di Aceh, sehingga beliau mengetahui wilayah dan karakter masyarakat Aceh umumnya dan masyarakat Kota Banda Aceh pada khususnya. “Jadi, di manapun nanti ditempatkan di Aceh, beliau sudah sangat paham dengan kondisi Aceh,” sebutnya.

Di akhir sambutannya, Kombes Saladin meminta maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesilapan dan kesalahannya yang menyinggung perasaan Wakapolresta selama ini. “Baik sebagai pribadi maupun sebagai Kapolresta, saya mohon maaf jika ada hal-hal yang saya perbuat sehingga menyinggung perasaan bapak. Sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ungkapnya, penuh haru.

Saladin juga merasa kehilangan perwira menengah terbaik yang selama ini telah banyak membantu tugas-tugas di Polresta Banda Aceh dengan ikhlas dan penuh ketulusan.

Sementara AKBP Sugeng Hadi Sutrisno dalam kata-kata perpisahan yang disampaikannya juga turut menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolresta, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan seluruh personel Polresta Banda Aceh. “Jika ada kata-kata dan tingkah laku saya yang kurang berkenan selama bertugas di sini, saya menyampaikan permohonan maaf,” sebutnya.

Di kesempatan itu, Sugeng Hadi Sutrisno juga mengharapkan para pejabat dan seluruh personel Polresta Banda Aceh untuk selalu menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian. “Kekompakan menjadi kunci utama dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian yang profresional, modern dan terpercaya,” tandasnya.

Perwira menengah polisi kelahiran Kudus 49 tahun lalu ini memulai karirnya di kepolisian sejak lulus Akpol tahun 1989 dengan tugas pertama di Polda Kalimantan Tengah dengan jabatan Kasat Reskrim Polres Kapuas dan Kasat Reskrim Polresta Palangkaraya.

Selesai melaksankan tugas belajar di PTIK, Sugeng Hadi Sutrisno bertugas di Polda Kalimantan Barat selama 12 tahun. Mulai jabatan Kabag Ops Polres Ketapang, Wakapolres Sintang, Kasat I Bidang Politik Dit Intelkam, dan Ka Densus 88 Polda Kalbar.

Selesai melaksanakan pendidikan Sespim Polri pada 2009, Sugeng Hadi Sutrisno mendapat tugas sebagai Kabag Pal Biro Sarpras Polda Aceh.

Selanjutnya, suami dari Dewi Mariana ini menjabat Wakapolresta Banda Aceh sejak 26 Januari 2012. Jabatan tersebut dijalani ayah dua anak (putra-putri) ini selama 5 tahun lebih 7 hari, hingga akhirnya mendapat promosi sebagai Kabid Humas Polda Kalbar.[]

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top