Kapolresta Banda Aceh Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Ganja

2.jpg

Tribratanewsbandaaceh—Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banda Aceh memusnahkan barang bukti ganja di halaman Mapolresta, Jumat (31/3). Prosesi pembakaran barang bukti itu dipimpin Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin SH.

“Barang bukti narkoba jenis ganja yang dimusnahkan ini merupakan hasil sitaan atau temuan Satuan Reserse Narkoba pada 29 Januari 2017 lalu di kawasan Ie Seum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar,” sebut Kombes T Saladin.

Dijelaskannya, penggerebekan ladang ganja dengan luas dua hektar di wilayah hukum Polresta Banda Aceh itu melibatkan prajurit TNI dari Kodim 0101/ BS. “Ada dua hektare lebih ladang ganja yang kami temukan, sebagian sudah dimusnahkan di lokasi dan sebagiannya dianggkut petugas ke Mapolresta sebagai barang bukti,” katanya.

Kombes T Saladin menambahkan,  dari lokasi ladang ganja itu petugas mengamankan dua tersangka berinisial NZ (40) asal Montasik dan EP (39) asal Indrapuri. “Kedua tersangka yang diamankan di TKP itu merupakan pekerja yang membersihkan ladang ganja itu. Sementara pemiliknya masih DPO,” ujarnya.

Adapun barang bukti ganja yang dimusnahkan itu meliputi 175 batang ganja dan 39 kilogram ganja yang telah dipanen dan siap edar. “Sebagian ganja ini disisihkan untuk pembuktian di pengadilan,” kata T.Saladin.

Di kesempatan itu, Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Eldi Azwar mengatakan baru pertama kalinya polisi menemukan tersangka dalam operasi penemuan ladang ganja di Aceh. “Biasanya petugas kesulitan menemukan tersangka saat operasi ke ladang ganja. Tapi kali ini dua tersangka berhasil ditangkap,” ucapnya.

Untuk langkah-langkah selanjutnya, kata Eldi, BNNP Aceh akan terus memantau peredaran gelap narkoba yang selama ini marak terjadi di Aceh. “Kami juga terus melaksanakan pencegahan dan pemberantasan, terutama melakukan sosialisasi kepada pelajar dan mahasiswa serta instansi terkait, sehingga ke depan Aceh bersih dari narkoba,” katanya.[]

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top