Personel Polresta Diberikan Vaksin Anti-difteri

IMG_9960.jpg

Tribratanewsbandaace—Mengantisipasi maraknya penyebaran virus difteri di Aceh, Polresta Banda Aceh memberikan vaksin kekebalan tubuh kepada setiap personelnya. Prosesi injeksi vaksin anti-difteri itu dipusatkan di Lapangan Indoor Polresta setempat, Senin (17/04/2017) pagi.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin SH melalui Kabag Sumda Kompol Taupik Rahman SH menyebutkan, pemberian vaksin anti difteri itu berlangsung selama tiga hari yang ikuti oleh 1.200 personil Polresta Banda Aceh. “Tidak hanya melakukan vaksinasi, setiap personel juga dilakukan cek kondisi tubuh serta kesehatannya terlebih dahulu oleh Paur Kes Polresta Banda Aceh bekerja sama dengan Biddokkes Polda Aceh,” katanya.

Menurut Kompol Taupik, sejauh ini belum ditemukan personel Polresta Bnada Aceh yang terserang virus defteri. “Warga yang mengidap wabah ini ditemukan di daerah lain yang sempat dirawat di RSUZA Banda Aceh,” katanya.

Selain anggota Polri, vaksin serupa diberikan juga keluarga polisi tapi dikhususkan untuk orang yang sudah dewasa.  “Tujuannya, agar kondisi kesehatan personel Polresta Banda Aceh dapat dipantau dan segera diantisipasi serta diatasi apabila ada yang terserang virus difteri,” ujar Maulita SKM, Kapoliklinik Mapolda Aceh.

Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae dan umumnya memiliki masa inkubasi (rentang waktu sejak bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul) 2 hingga 5 hari.[]

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top