Mentri Agama Buka Pentas Keterampilan Dan Seni Pendidikan Agama Islam (PAI) Ke-8

WhatsApp-Image-2017-10-11-at-09.34.56.jpeg

Tribratanewsbandaaceh – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin resmi membuka Pentas Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-8 tahun 2017 di taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/10/2017) malam.

Peresmian Pentas PAI ini ditandai dengan pemukulan Rapai oleh Menteri Agama yang turut didampingi oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.
Aceh pada tahun ini menjadi tuan rumah Pentas PAI yang berlansung selam enam hari sejak tanggal 9-14 Oktober 2017. Pusat arena ajang perlombaan ini berada di taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Acara pembukaan pentas PAI berlangsung cukup meriah, turut juga menampilkan ratusan penari Rapai Pase yang menjadi ciri khas tarian dan musik tradisional asal Aceh.

Acara tersebut juga siap diamankan Aparat Gabungan terdiri dari Polisi Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, Kodim 0101 BS, POM, dan Satpol PP.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, Pentas PAI merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama di bawah Direktorat Pendidikan Agama Islam.

“Jadi Pentas PAI ini dilakukan dua tahun sekali dalam upaya untuk menjadi wahana atau tempat untuk anak-anak kita dalam menampilkan potensinya di bidang seni, budaya, dan ilmu pengetahuan terkait ilmu pendidikan agama Islam,” kata Menteri Agama.

Menurutnya, Pentas PAI ini merupakan kegiatan yang positif dan bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi untuk membangun relasi antara peserta. Tidak hanya peserta saja, namun juga ajang silaturahmi para guru dan seluruh pengelola sekolah yang mengajarkan pendidikan agama Islam.

“Sehingga dengan Pentas PAI ini di antara mereka bisa saling berkompetisi terhadap kemampuan mereka masing-masing seluruh Indonesia. Dan acara seperti ini karena tingkat nasional, tentu juga menjadi ajang silaturahim dan tempat mereka saling berinteraksi, membangun relasi antar mereka dan ini tidak hanya para siswa/siswi, tapi juga para guru-guru dan seluruh pengelola sekolah-sekolah kita yang mengajarkan pendidikan agama Islam,” terangnya.
Pentas PAI diikuti oleh 1054 peserta dan 272 pendamping dari 34 provinsi se-Indonesia. Ada 8 kategori perlombaan, diantaranya tahfiz quran, kaligrafi, kreasi busana, cerdas cermat dan beberapa cabang perlombaan lain.

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top