Polresta Resmikan Poliklinik Pertama

1-3.jpg

Tribratanewsbandaaceh— Klinik pengobatan yang berada di Asrama Polisi (Aspol) desa Punge, kecamatan Meuraxa, kota Banda Aceh tepatnya di jalan Sultan Iskandar Muda hari ini diresmikan oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Polisi T. Saladin SH yang turut didampingi oleh Kabid Dokkes Polda Aceh Kombes Pol dr Hery Wijatmoko Spf DFM, Kamis (14/12/2017).

Klinik pengobatan ini sebelumnya adalah rumah dinas yang ditempati oleh pejabat Polresta Banda Aceh. Namun karena dianggap membutuhkan tempat fasilitas kesehatan untuk para personel di jajaran Polresta Banda Aceh atau warga sekitar, maka rumah dinas tersebut disulap menjadi klinik kesehatan.

Pantauan Tribratanewsbandaaceh di klinik tersebut, di setiap ruangan sudah direnovasi sedemikian rupa untuk di tempatkan peralatan medis. Setidaknya terdapat ada tiga ruangan di dalam klinik tersebut. Satu ruangan memang disiapkan untuk pemeriksaan gigi, karena di dalam ruangan tersebut juga sudah ada alat pemeriksaan gigi lengkap.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T. Saladin kepada wartawan mengatakan, klinik ini berdiri atas kerja sama dengan Bidokes Polda Aceh dan juga BPJS. Menurutnya, klinik ini tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh personel Polri dan keluarga, tapi juga terbuka untuk masyarakat umum.

“Klinik ini sebetulnya di luar, tapi karena Polresta tidak punya lahan akhirnya salah satu rumah dinas pejabat Polresta kita jadikan sebagai klinik. Ini bukan hanya untuk personel saja jadi terbuka untuk umum. Bagi masyarakat yang ini memeriksakan kesehatannya di klinik ini silahkan,” kata Saladin.

Saladin menuturkan, pihaknya juga akan mengajukan satu unit bus klinik keliling untuk melayani pasien secara mobile. Bus tersebut sedang diusulkan. “Kami juga ada rencana dengan Pak Kabid dokkes, kami ajukan permohonan satu unit bis dimana kalau saat ini ada mobil sim keliling , tapi nanti akan ada bis poliklinik keliling dari Polresta,” ujarnya.

“Fasilitas yang ada di klinik ini adalah poli gigi dan poli umum. Jadi misalnya ada yang butuh pertolongan segera seperti diare dan sakit-sakit ringan bisa ditangani oleh dokter di Bidokes.  Petugas kesehatannya dari Bidokes Polda Aceh secara bergantian bergantian. Nanti kita juga berkerja sama dengan Unsyiah.

Kemudian Kapolres juga menganjurkan, bagi generasi muda yang baru menyelesaikan sekolah di tingkat SMA untuk melakukan pemeriksaan gigi saat mengikuti seleksi penerimaan bintara Polri.

“Bagi yang mau masuk Polisi, dua atau tiga bulan sebelumnya juga bisa melakukan pemeriksaan gigi di klinik ini,” pungkas Saladin.

 

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top