Polisi Amankan BOM Sisa Konflik Aceh

IMG-20180203-WA0029.jpg

tribratanewsbandaaceh.com – Tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Aceh mengamankan sebuah bom rakitan sisa konflik di belakang rumah warga di kawasan gampong Neuheun Mesjid Raya Aceh Besar.

Kapolresta Banda Aceh AKBP Trisno Riyanto menyebutkan bahan peledak tersebut diamankan setelah warga melaporkan di belakang rumah warga ada ditanam sebuah bom semasa konflik.

“Bom itu awalnya diketahui saat itu pemilik rumah hendak membangun dapur, tiba-tiba ada warga yang mengatakan dibelakang rumahnya ada disimpan BOM bekas konflik,” kata AKBP Trisno, Sabtu (3/2/2018).

Kemudian, lanjut Kapolresta, pemilik rumah menghubungi Polsek Krueng Raya dan diteruskan ke tim gegana Polda Aceh untuk dilakukan pengecekan.

“Tim langsung melakukan penyisiran di lokasi pada Jumat (2/2/2018) sekira pukul 17.00 WIB. Karena malam pencarian dilanjutkan Sabtu (3/2/2018). Dari hasil pencarian itu tim mendeteksi ada logam di kedalaman sekitar 50 centimeter,” katanya.

Bom tersebut ditimbun dalam tanah yang terbungkus dengan karung beras warna putih. Berat bom 25 kilogram dengan panjang kabel pemicu enam centimeter.

“Bom yang diamankan itu panjang 40 centimeter dan diameter 68 centimeter dalam kondisi sudah berkarat,” kata Kapolresta.

Bom yang telah dievakuasi tim gegana itu, kata AKBP Trisno rencananya akan diledakkan tidak jauh dari lokasi temuan, namun bom temuan itu tidak meledak selanjutnya dibawa ke Mako detasemen Gegana Satbrimob Polda Aceh.

“Awalnya bom itu mau diledakkan. Karena tidak meledak tim Jibom membawa bom tersebut ke Mako Gegana Satbrimob Polda Aceh,” ungkap Kapolresta.

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top