Polisi Tangkap Pedagang Jual Elpiji 3 Kg di Atas Harga Enceran Tertinggi

WhatsApp-Image-2018-03-20-at-14.55.21.jpeg

Tribratanewsbandaaceh – Kepolisian Resort Banda Aceh menangkap dua pedagang yang menjual gas elpiji bersubsidi 3 kilogram di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Kedua pelaku bernama SJ dan RH ditangkap di dua lokasi berbeda. Keduanya memiliki usaha atau pangakalan elpiji 3 kilogram.

Kapolresta Banda Aceh AKBP Trisno Riyanto menyebutkan penangkapan pelaku berawal dari informasi warga bahwa kedua pelaku menjual harga elpiji 3 kg seharga Rp33 hingga 35 ribu rupiah.

SJ merupakan pemilik usaha elpiji dikawasan Neuheun, Aceh Besar dan RH pemilik usaha atau pangkalan elpiji dikawasan Sibreh, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Besar.

“Atas informasi itu kita lakukan penyelidikan dan ternyata benar ada tindak pidana penyalahgunaan minyak dan gas,” kata Kapolresta AKBP Trisno Riyanto saat jumpa pers di Mapolresta Banda Aceh, Selasa (20/3/2018).

Saat tim melakukan penyelidikan, lanjut Kapolresta usaha pangkalan elpiji milik kedua pelaku tidak memiliki ijin dari pihak Pertamina. Usaha menjual gas elpiji sudah mereka jalani selama setahun.

Dari pengakuan SJ, kata Kapolresta, gas elpiji 3 kilogram itu di beli dari RH seharga Rp29 ribu per tabung, dan dijualnya lagi ke masyarakat diatas HET.

“Setelah kita cek, ternyata ijin usaha mereka sudah tidak berlaku lagi, sehingga kedua pelaku kita amankan,” kata Kapolresta.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 313 tabung gas elpiji 3 kilogram dari tempat usaha kedua pelaku.

“Ada 240 tabung gas elpiji kosong kita amankan di tempat usaha milik RH di kawasan Sibereh, dan 73 tabung milik SJ di kawasan Neuheun Aceh Besar,” ungkap AKBP Trisno

Kedua pelaku dijerat dengan pasal 55 yang berbunyi setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi pemerintah di pidana paling lama 6 tahun dan denda Rp60 milliar.

SHARING

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top